Cukup Butuh Waktu 30 Detik, Sinusitis Pilek Tersumbat Hilang, Share ke Yang Lain!!!


Sinus adalah ruang kosong yang terdapat didalam tulang tengkorak
kita. Sinus terbagi dalam empat sisi, yakni sinus frontalis, sinus ethmoidales, sinus maksilaris, serta sinus sphenoidales.

Untuk melindungi kelembaban ruang didalam sinus, kita memerlukan cairan mukus yang akan dibuang melalui saluran hidung serta tenggorokan. Cairan ini dibuang melalui lubang kecil yang menghubungkan sinus dengan hidung. Lubang ini begitu kecil hingga jika seorang tengah alami hidung terhalang karena pilek, jadi akan tertutup.

Pada masalah lain, kita dapat juga temukan lubang yang tertutup akibat peradangan atau infeksi yang menebar dari saluran pernafasan ke permukaan sinus. Keadaan ini juga dikenal dengan arti sinusitis.

Akibat lubang yang tertutup cairan sekresi dari sinus akan terkumpul serta menyebabkan keluhan berbentuk rasa penuh, terhalang, nyeri kepala serta nyeri pada tempat sinus. Keluhan ini dapat begitu berat serta mengganggu manfaat kehidupan keseharian.

Apa pun penyebabnya sumbatan sinus, nyatanya kita bisa menolong mengatasinya dengan keluarkan lendir yang menumpuk dengan cara alami. Nah, ini dia cara-cara yang dapat kita cobalah diantaranya :

1. Pembersihan dengan Ibu Jari serta Lidah
Dengan memakai tehnik accupressure dan memperharikan prinsip anatomi letak organ, kita dapat juga bersihkan sinus kita. Hal semacam ini bisa dikerjakan dengan cara

Simpan jempol atau jari telunjuk di antara ke-2 alis, tekan dengan kuat
Dorong lidah dengan kuat keatas pada palatum (sisi keras rongga mulut, perbatasan dengan sisi lunak). usahakan menghimpit dengan cara mendatar, serta tidak menunjuk pada pada satu titik saja

Pertahankan posisi ini sepanjang 20-30 detik

Kurang lebih 1/2 menit, anda mungkin saja akan rasakan ada gerakan lendir di sekitaran hidung serta tenggorokan. Hal ini bermakna cairan yang menumpuk pada rongga sinus mulai telah temukan jalan keluarnya.

2. Irigasi Nasal dengan Neti Pot
Membersihkan hidung dengan memakai garam fisiologis (NaCl 0, 9%) adalah satu diantara cara paling efisien untuk bersihkan sinus. Hal ini di kenal jugadengan arti irigasi nasal. Neti pot adalah alat yang sering dipakai untuk memasukkan cairan salin kedalam satu lubang hidung serta mengeluarkannya dari lubang hidung yang lain.

3. Uap panas
Uap panas baik yang datang dari shower, humidifier, atau air panas yang di taruh pada mangkuk dipakai untuk melegakan serta bersihkan sinus. Uap panas akan mengencerkan lendir dan buka saluran sinus hingga memudahkan pembuangannya.

Subscribe to receive free email updates: