Jangan Asal Ikut-Ikutan, Muslimah Wajib Tahu Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar & Kerudung....Baca Selengkapnya !!!


Teman dekat Muslimah, kerapkali kita terjerat dalam satu arti padahal berarti kita tidak paham, cuma ikuti rutinitas serta umumnya orang yang sering mengatakan arti itu terus-terusan, termasuk juga menyebutkan arti jilbab, hijab, khimar serta kerudung, nyatanya ke empat arti itu berlainan arti loh. Kita ulas satu satu ya dari mulai asal kata, manfaat serta cara pakainya. 

1. Jilbab 
Jilbab, asal kata dari Bhs Arab (جلباب) serta merupakan 
baju keseluruhan yang kita gunakan untuk tutup aurat, 
hal ini terdaftar dalam QS. Al‐Ahzab : 59, serta perintah Allah 
searah dengan yang diterangkan Nabi Muhammad Saw. dalam 
hadist beliau, yang berarti : 

“Wahai Asma! Sebenarnya seseorang wanita jika telah cukup usia, tidak boleh 
diliat semua anggota badannya, terkecuali ini serta ini, sembari Rasulullah SAW menunjuk muka serta ke-2 tapak tangannya”. 
Nah, telah komplit ya diterangkan oleh Rasul Kita, Nabi 
Muhammad SAW, bahwasannya Jilbab itu yaitu baju yang tutup semua badan kita serta yang terlihat, cuma bisa muka serta telapak tangan saja. 

2. Hijab 
Lantas bagaimana dengan arti Hijab, kata ini terakhir popular banget, tutorial hijab, hijab street, serta lain lain. 
Sama dengan kata Jilbab, kata Hijab datang dari Bhs Arab, (حجاب ħijāb) berarti, benda yang menutupi suatu hal. 

Dalam Al Qur’an kata Hijab ada di QS. Al Ahzab : 53. Makna hijab dalam Al Qur’an malah penutup pada umumnya, umpamanya gorden, papan pembatas, atau kelambu. Apabila dihubungkan dengan tutup aurat, arti hijab berarti semestinya wanita yang berjilbab sebaiknya menyempurnakan serta melindungi jilbab sesuai sama manfaatnya yaitu tutup (hijab) badan. 

Mengenai tata cara kenakan pakaian tutup aurat dalam Islam, tutup semua badan kecuali muka serta telapak tangan, baju tidak membuat badan, tidak berlebihan menggunakan perhiasan, tidak mirip lelaki, tidaklah terlalu simpel serta tidak terlalu elegan, berpakaian sesuai sama kesanggupan kita, karena nanti cemas akan berbuntut pada penyakit hati berbentuk bangga pada diri atau baju sendiri. 

Teman dekat Muslimah, yang Jilbab serta hijabnya belum prima, masihlah dapat disempurnakan, namanya juga sistem, namun janganlah kelamaan prosesnya ya, pelan namun tentu, kan jadi adem lihatnya. 

3. Khimar 
Bila khimar serta kerudung bagaimana juga? 
Khimar serta kerudung beda tidak tebal berarti, cuma saja didalam Al Qur’an kata Khimar ada pada QS. An Nur : 31. “Hendaklah mereka menutupkan khumur ke dadanya. (An Nuur : 31) ” dari ayat itu kita simpulkan makna kalau khimar yaitu kain yang menutupi kepala, leher serta dada, pastinya tanpa ada tutup muka, bahkan juga ada lagi penjelasan, kain khimar itu tutup dari depan serta belakang. 

4. Kerudung 
Sedang kerudung, adalah arti untuk mengatakan kain yang cuma menutupi kepala saja, serta begitu tidak disarankan untuk digunakan dalam melengkapi baju muslimah kita. 

Jadi, Teman dekat Muslimah, dasarnya yaitu tutup aurat untuk muslimah, harus hukumnya. Mau apa pun istilahnya, lagi juga perintah Allah telah terang banget didalam Al Qur’an. 
Semangat menyempurnakan tutup aurat yuk Teman dekat Muslimah. 

 (Sumber : Ummi On-line)

Subscribe to receive free email updates: