IBU , BAPAK , STOOOOOP BELIKAN ANAK ANDA MAKANAN INI??? INILAH DAFTAR MAKANAN RINGAN YANG SANGAT BERBAHAYA... {{ SEBARKANLAH }}


Sekarang ini jumlah minuman enteng yang di jual sangatlah banyak serta beranekaragam dengan beragam type rasa serta aroma. Semuanya product itu sama-sama berkompetisi satu sama lain dalam memperebutkan pelanggan. 

Namun tahukah anda bila beberapa besar minuman ringan itu begitu beresiko untuk anak anda? Satu lembaga di bagian kesehatan bahkan juga sudah merilis beberapa merk product minuman yang perlu dijauhi. 

Dalam artikel gudanginfo. net kesempatan ini kita dapat mengulas sebagian bahaya konsumsi minuman ringan dengan harapan tiap-tiap orang terlebih ayah serta Ibu yang mempunyai anak bisa menghindari anaknya dari minuman itu. 

Kandungan Gula Dalam Minuman Paket serta Bahayanya 

Seperti kita ketahui gula buatan atau pemanis yaitu musuh paling utama badan manusia. Sangat banyak mengonsumsinya akan merusak kesehatan serta mengakibatkan ketahanan badan melemah. 

Photo dibawah memerlihatkan jumlah kandungan gula dalam sebagian paket product minuman ringan. Pada minuman teh instan dapat terdapat lebih dari 5 sendok teh gula! jumlah ini sangatlah banyak mengingat kita juga konsumsi nasi putih setiap hari yang juga mengandung gula tinggi. 


Seseorang anak berumur 1-3 tahun bisa mengonsumi sampai 5 sendok teh gula/hari atau setara dengan 80 kalori bila satu sendok teh gula mengandung 16 kalori, sesaat anak 4-6 tahun bisa konsumsi sampai 8 sendok teh/hari atau setara dengan 128 kalori (Sumber) atau setara dengan 10% dari kandungan gizi yang dikonsumsi. 

Bahaya Minuman Ringan dengan jumlah gula berlebih 

Gula memanglah manis serta mengasyikkan, namun efeknya pada badan apabila dikonsumsi terlalu berlebih begitu beresiko. Gula yaitu penyebab nomer satu diabetes, obesitas, serta rusaknya gigi. Sayang, kan, bila anak-anak kita yang lucu serta manis giginya menghitam serta bolong? Serta tentu sahabat ayodibaca. com tidak tega bila anaknya mengeluh sakit gigi karena mengkonsumsi gula berlebihan. 

Diabetes pada anak juga bukanlah mitos belaka. Di Amerika Serikat bahkan juga hingga 30% anak menanggung derita diabetes. Bapak serta bunda yang sayang anak, awasi konsumsi gula anak-anaknya, yah. Terlebih dari minuman- minuman fresh. 

Kandungan Air Dalam Minuman Paket serta Bahayanya 

Wajarnya anak memerlukan 10-15% air dihitung dari berat tubuhnya. Dalam Widyakarya Pangan Nasional Indonesia 2013, dirumuskan seperti berikut anak umur 0, 5-1 tahun keperluan airnya 800 mililiter, umur 1-3 tahun sejumlah 1. 200 mililiter, umur 4-6 tahun sejumlah 1. 500 mililiter serta umur 7-9 tahun sejumlah 1. 900 mililiter (sumur). Oh ya, air disini air putih, bukanlah air yang lain. 

Adakah resikonya air mineral? Sepanjang bersih serta tidak di beri penambahan macam-macam, air mineral yaitu minuman yang paling baik untuk badan kita serta nyaris tanpa ada dampak sampng. 

Dampaknya baru nampak bila kita sangat minum air hingga perut jadi jadi kembung serta alami hyphonatermia, namun masalah itu begitu jarang serta biasanya berlangsung pada olahragawan. 

Kandungan Cafein Dalam Minuman Paket serta Bahayanya 

Cafein memang bukan cuma terdapat dalam kopi. Minuman lain seperti teh, soda, serta minuman tambah energi, bahkan pada minuman yang dikira tidak beresiko seperti 5u5u cokelat serta minuman cokelat. 

Walau begitu tidak disarankkan, ada batas toleransi untuk anak untuk konsumsi cafein seperti berikut : 
Empat hingga enam tahun : 45 mg 
Tujuh hingga sembilan tahun : 62 mg 
Sepuluh sampai 12 tahun : 85 mg (parenting. co. id) 

Bahaya Minuman Ringan berkafein : 

Cafein yaitu stimulan yang bisa menyebabkan debaran jantung. Keunggulan cafein bisa mengakibatkan debar jantung serta sulit tidur. Cafein juga menyebabkan kegelisahan, obesitas serta masalah perut. 

Kandungan Tanin Dalam Minuman Paket serta Bahayanya 

Tanin mungkin saja lebih di kenal pada r0k0k. Padahal, tanin dapat juga diketemukan dalam teh. Bila sahabat ayodibaca. com minum teh pahit, tentu sering merasa sepet/kesat di tenggorokan kan? Yang sahabat rasakan tersebut yang dimaksud tanin. Untuk anak-anak, tanin begitu tidka disarankan serta batas toleransinya yaitu dua gelas satu hari. 
Walau tanin dalam teh baik untuk anti-oksidan, tanin juga mempunyai karakter yang bisa mengikat zat besi. Zat besi begitu utama dalma pembentukan darah, hingga kekurangan zat besi bisa menyebabkan sayamia. Untuk amannya, bila sahabat ayodibaca. com membuatkan teh untuk anak, janganlah sangat lama dicelup/sangat pekat. Makin pekat jadi makin tinggi kandungan taninnya. 

Kandungan Soda Dalam Minuman Paket serta Bahayanya
Wah tentu nikmat banget panas-panas minum soda yang dingin, ada nyes-nyesnya di lidah, selalu ke tenggorokan. Bocah-bocah juga susah menahan godaan dari minuman satu ini, serta bila ke restoran cepat saji rasa-rasanya kurang afdol bila tidak pakai minuman ini. 

Masalah bahaya, rasa-rasanya tidak perlu diperdebatkan lagi tidak ada saran berapakah banyak soda yang bisa diminum ana-anak dengan kata lain, mesti dijauhi keseluruhan. jadi sepanjang belum berteman dengan soda, sebaiknya anak-anak tidak dikenalkan pada minuman ini. 

Bahaya Minuman Ringan (bersoda) 

Namun, mesti dibedakan pada soda yang telah digabung dengan semua jenis sampai jadi minuman soda yang kita kenal dengan soda yang cuma berupa carbonated water. 

Air soda pada intinya cuma air mineral yang di beri CO2, tetapi dalam minuman ringan, ditambahkan lagi sirup jagung, caramel, pewarna, serta pemanis yang menjadikannya beresiko, baik itu untuk tulang, gigi, serta mengakibatkan diabetes dan obesitas. Bisa pula menyebabkan permasalahan pada ginjal anak ataupun dewasa. 

Kandungan Sirup Jagung Dalam Minuman Paket serta Bahayanya 

Nah mungkin saja berikut raja dari pada minuman beresiko! Sirup jagung yaitu pemanis buatan yang banyak dipakai pada minuman paket karena harga nya yang lebih murah serta lebih manis. Tidak seperti gula umum yang memiliki kandungan glukosa, sirup jagung mengandung fruktosa yang lebih beresiko karena menyebabkan obesitas lebih cepat. 

Sirup Jagung Tinggi Fruktosa (HFCS – high-fructose corn syrup) yaitu pemanis berkalori yang didapat dari jagung. Bahan ini pas untuk bermacam minuman serta makanan yang meliputi sereal siap makan, product daging, saus, bumbu, minuman enteng, serta minuman yang lain. 

Meskipun HFCS sudah menukar sukrosa pada banyak makanan serta minuman jadi di Amerika Serikat, namun sukralosa tetaplah jadi pemanis paling utama yang dipakai di negara itu serta di semua dunia. 

Komposisi, Keamanan serta Metabolisme 

Sirup jagung tinggi fruktosa dimaksud sekian untuk membedakannya dari sirup jagung umum. Sirup jagung umum mengandung glukosa 100%, yang hanyamanisnya cuma sekitaran 65% dengan sukrosa (gula pasir). 

Pada tahun 1970-an, peneliti pangan pelajari cara merubah beberapa glukosa pada sirup jagung jadi fruktosa, yang lebih manis dari pada glukosa. Pemanis yang dikembangkan untuk pemakaian pada minuman ringan mempunyai tingkat kemanisan yang sepadan dengan sukrosa serta dimaksud dengan HFCS55 karena diisi 55% fruktosa. 

Meskipun namanya mungkin saja menunjukkan kalau HFCS yaitu relatif “tinggi” fruktosa pada sukrosa, namun sesungguhnya tak sekian. Sukrosa mengandung 50% fruktosa serta 50% glukosa, yang begitu serupa dengan komposisi HFCS55 yang 55% fruktosa serta 45% glukosa. 

Dikarenakan banyak minuman ringan mengandung sekitaran 10 gram pemanis per 100 ml, ketidaksamaan kecil dalam kadar fruktosa pada HFCS55 serta sukrosa bermakna cuma 1, 25 gram penambahan fruktosa per 250 ml (sekitaran 8, 33 fl. oz.) apabila memakai HFCS55. 

Sirup jagung tinggi fruktosa memperoleh status “Diakui Aman Dengan cara Umum” (GRAS – Generally Recognized as Safe) oleh U. S. Food & Drug Administration (FDA) pada tahun 1983. Bahan ini aman untuk dikonsumsi semua kelompok, termasuk juga anak-anak dan ibu hamil serta menyusui. 

HFCS diserap serta dimetabolisme oleh badan dengan cara yang persis sama juga dengan sukrosa, serta seperti sukrosa, HFCS membuahkan 4 kalori (17 kilojoule) per gram atau 16 kalori per sendok teh. 

HFCS : Mengerti Pro-kontra serta Ilmunya 
Kekhawatiran customer Amerika Serikat pada HFCS merebak pada tahun 2004, sesudah perhatian media yang begitu luas atas komentar yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition (AJCN) mengenai HFCS serta obesitas yang mengira kalau ketidaksamaan kemanisan kandungan fruktosa atau nilai rasa kenyang HFCS dengan sukrosa bisa dihubungkan dengan laju obesitas yang bertambah di Amerika Serikat. 

Kemudian, banyak artikel riset diterbitkan oleh ilmuwan lain yang membenarkan kalau HFCS tidak “lebih manis’’ atau dimetabolisme dengan cara tidak sama dengan sukrosa, serta kalau bahan ini mempunyai efek pada kadar insulin serta tanda badan untuk rasa kenyang yang sama juga dengan sukrosa. 

Meskipun satu diantara penulis-bersama artikel AJCN itu terakhir menjelaskan kalau komentar itu diperuntukkan cuma untuk memancing diskusi ilmiah serta kalau teori yang dihidangkan nyatanya salah, keraguan yang tertanam di fikiran customer serta media tetaplah bertahan serta agak sulit dirubah. 

Pada tahun 2008, American Medical Association (AMA) membahas riset yang relevan berkenaan dengan HFCS untuk menjawab kecemasan customer tentang pemanis ini. Didalam pernyataannya, AMA mencatat kalau, “Karena komposisi HFCS serta sukrosa sama, terutama tentang penyerapan oleh badan, nampaknya HFCS condong tidak berkontribusi pada obesitas atau keadaan yang lain dengan cara lebih besar dibanding sukrosa. ” 

Walau demikian, AMA juga mendorong riset berdiri sendiri mengenai efek kesehatan HFCS serta pemanis yang lain serta merekomendasikan agar customer membatasi semuanya pemanis berkalori yang ditambahkan manfaat ikuti saran dari Dasar Gizi Warga Amerika. 

Otoritas kesehatan yang disegani sepakat kalau obesitas yaitu masalah serius serta dikarenakan banyaknya aspek rumit yang saling berkaitan di antaranya mengkonsumsi kalori terlalu berlebih, lifestyle kurang gerak, genetika, masalah-masalah psikologis, lingkungan, serta sosial. 

Saat ini, beberapa besar ahli sepakat kalau HFCS serta sukrosa demikian sama, hingga ganti yang satu dengan yang lain tidak akan beresiko beda pada obesitas atau kesehatan. Sudah pasti, semuanya kalori bertindak, baik itu dari sukrosa, HFCS, ataupun sumber yang lain. 

Sayangnya, kebingungan serta kecemasan customer mengenai HFCS tetaplah ada karena kurangnya pemahaman mengenai makna namanya, komposisinya yang sebenarnya, serta kemiripannya dengan sukrosa. 

Kesimpulan 

Minuman ringan semestinya dijauhi atau setidaknya dikurangi konsumsinya. Efek tidak baik minuman ini memanglah tidak segera tampak namun dalam periode panjang badan jadi mudah sakit serta beragam jenis penyakit bisa muncul. 

Minuman paling baik yaitu air mineral. Walau tidak manis namun air mineral mengandung banyak enzim yang dibutuhkan badan untuk perkembangan serta pergantian sel. Beberapa orangtua butuh mengerti bahawa minuman ringan serta mulai membatasi konsumsi pada anak-anaknya. 

Semoga berguna... 

Sumber : ayodibaca. com 

sumber : http :// www. gudanginfo. net/2016/02/daftar-minuman-ringan-berbahaya. html

Subscribe to receive free email updates: