Kamu Harus Tahu : Ini Cara Menghilangkan Sisa Bahan Kimia dan Obat pada Buah dan Sayuran


Beberapa besar sayuran dan buah-buahan dalam sistem pertumbuhannya banyak yang digabung dengan bahan kimia dan pupuk membuat perlindungan mereka dari serangga dan rusaknya tanaman. 

Namun efeknya, bahan kimia dan pupuk yang terlalu berlebih sekalipun tidak baik untuk dikonsumsi dan dapat mengakibatkan resikonya yang beresiko. 

Tahu hal ini, umumnya buah-buahan dan sayuran yang kita beli harus dicuci. Namun ada banyak teknik dan tips untuk bersihkan makanan ini untuk meyakinkan bebas memiliki bahan kimia apapun serta oleh karena itu baik untuk dikonsumsi. 

Sebelum Anda bersihkan sayuran atau buah-buahan, yakinkan dahulu kalau ruangan kerja dan talenan bersih. Bila tak, pertama cuci dengan air dan sabuni dahulu areanya. Ini akan meyakinkan kalau sayuran dan buah-buahan tidak memperoleh kerancuan waktu memotong atau mengupasnya. 

Dalam bersihkan sayuran berdaun hijau, terlebih dulu harus dipisahkan dan disimpan dalam semangkuk air dan diamkan sepanjang sebagian menit. Lalu membersihkan daunnya dengan air dan ulangilah prosedur itu 2 atau 3 kali. 

Sayuran berdaun hijau harus dicuci lebih jeli karena ada peluang makin banyak kotoran terakumulasi di dalamnya. Anda bisa pula menggunakan sedikit cuka di air untuk membantu bersihkan sayuran. 


Sayuran seperti brokoli dan kembang kol harus disimpan di air dingin sepanjang 1 menit sebelum mencucinya dengan air. 

Tomat memiliki kulit tidak tipis serta karena itu harus dibikin bersih dengan sikat yang di desain spesial untuk makanan mentah sebelumnya mencucinya. 

Buah harus dicuci, bahkan juga waktu Anda tidak tengah memakannya. Kulit buah di permukaan mungkin saja saja memiliki beberapa bakteri yang bisa dan bermanfaat untuk dikonsumsi. Anda dapat gunakan cuka, bahkan juice lemon dan garam bisa digunakan untuk mencegah bakteri yang negatif serta membersihkannya. 

Langkahnya, dalam mangkuk penuh air berikan sedikit garam dan lemon juice. Masukan buah atau sayuran dalam mangkuk ini sepanjang 15 menit. Bersihkan dan keringkan, baru lalu siap untuk dikonsumsi. 

Anda bisa pula menyiapkan semprotan buatan sendiri yang akan menyingkirkan bahan kimia pada sayuran dan makanan. Belilah sebotol aerosol dan mencucinya. Lalu berikan 1 sendok makan perasan lemon fresh, 2 sendok makan cuka dan 250 ml air. Tutup botol dan kocok agar bahan tadi tercampur dengan baik. 

Semprotkan gabungan ini pada buah-buahan dan sayuran yang ingin Anda pakai. Biarlah sepanjang 10 menit serta setelah itu basuh. Lap kering dengan handuk bersih sebelum Anda mengupas atau memotong. 

Sesudah membersihkan, rasa dan bau cuka tidak akan merasa. Kubis, terung, kembang kol dan nanas yaitu satu diantara makanan paling penting yang membutuhkan cara ini. 

Alternatif lain yakni untuk beli buah-buahan organik dan sayuran yang tidak melibatkan penggunaan pestisida. Namun itu mahal, dan mungkin saja tidak terjangkau untuk umumnya orang.

Subscribe to receive free email updates: