((PLEASE LUANGKAN WAKTU ANDA SEBENTAR UNTUK MEMBACA ARTIKEL INI)) MESKI DISEBUT "PRIMITIF" TERNYATA MAKAN CARA INI TERBUKTI PALING SEHAT UNTUK ANDA.


Makan memakai tangan pasti terdengar aneh serta " primitif " dan pasti beberapa orang yang terasa tidak tertarik mengerjakannya. 
Tetapi, cara yang dimaksud “primitif” itu ternyata adalah cara makan yang lebih sehat, serta yakin atau tidak, cara tersebut nyatanya bisa melindungi keadaan kesehatan Anda. 
Sekian website healthierwayoflife. com mengemukakan hal ini juga sebagai penemuan baru yang demikian mengagetkan. 

Sesungguhnya, berkenaan sunnah yang satu ini, Rasulullah telah mencontohkannya pada kita jauh-jauh hari : 

Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya ia menyampaikan, “Rasulullah itu makan dengan memakai tiga jari serta menjilati jari-jari itu saat sebelum dibikin bersih. ” (HR. Muslim No. 2032 serta yang lain) 
Selanjutnya healthierwayoflife. com menuturkan sebagian manfaat makan memakai tangan tanpa ada sendok serta garpu, yakni : 

Menghindar Diabetes Type 2 
Beberapa orang yang makan dengan cepat memiliki resiko lebih tinggi terserang diabetes type 2. 

Biasanya, bila Anda memakai garpu serta pisau jadi Anda makan lebih cepat dari pada makan dengan tangan Anda. 
Oleh karenanya, sebisa-bisanya akan tambah baik bila Anda selalu makan dengan cara “primitif”. 

Diluar itu, Anda cuma bisa meyuap sepotong irisan makanan saat Anda makan dengan tangan Anda. 

Sesaat bila Anda makan memakai garpu, bisa mengambil 5-6 potong sekalian. 
Serta, Anda bakal makan lebih lambat dengan tangan Anda dari pada mengguankan garpu. 

Tingkatkan Kemampuan System Pencernaan 
Ini mungkin saja terdengar aneh, namun makan dengan jari-jari Anda bisa tingkatkan kemampuan system pencernaan. 

Saat Anda membersihkan tangan dengan sabun, seluruhnya bakteri jahat dibasmi sedang bakteri baik terus ada di tangan, yang dapat sangatlah sehat untuk usus Anda. 

Diluar itu, makan dengan jari-jari Anda dapat kirim tanda ke otak tentang makanan yang Anda makan, apakah itu padat atau lembut, panas atau dingin, hingga menyiapkan system pencernaan untuk mengolah makanan itu. 

Menghindar Makan Terlalu Banyak 
Beberapa orang yang makan dengan tangan mempunyai berat tubuh yang lebih seimbang karena mereka tidak makan terlalu banyak. 

Akan jadi sangatlah baik untuk anak-anak, bila orang-tua mereka mengizinkan mereka untuk makan dengan tangan saja. 

Ini dikira juga sebagai cara paling aman untuk menjaga berat tubuh normal. 
Diluar itu, beberapa orang yang makan sembari melakukan sesuatu yang lain, seperti melihat TV, akan makan semakin banyak dari pada mereka yang konsentrasi makan. 
Saat Anda makan dengan tangan, pasti tidak bisa lakukan hal lain karena tangan Anda tidak bersih serta atau repot mengambil makanan. 

Oleh karenanya, Anda cuma terlalu fokus pada sistem makan serta Anda bakal tahu berapakah banyak makanan yang Anda makan serta kapan waktunya untuk berhenti. 

Apa Arti Sunnah Makan dengan Tangan? 
Diantara sunnah Nabi, yaitu makan dengan memakai tangan kanan dengan tiga jari. 
Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau menyampaikan ; “Rasulullah itu makan dengan memakai tiga jari tangan kanan serta menjilati jari-jari itu saat sebelum dibikin bersih. ” (HR Muslim no. 20232 serta yang lain) 

Tentang hadist diatas, Ibnu Utsaimin Radhiallahu Anhu menyampaikan : “Dianjurkan untuk makan dengan tiga jari, yakni jari tengah, jari telunjuk, serta jempol, lantaran hal itu tunjukkan tidak rakus serta ketawadhu’an. 

Walau demikian hal semacam ini berlaku untuk makanan yang dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari. 

Mengenai makanan yang tidak dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari, jadi diijinkan untuk memakai kian lebih tiga jari, misalnya nasi. 
Tetapi, makanan yang dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari jadi sebaiknya kita cuma memakai tiga jari saja, karena hal semacam itu adalah sunnah Nabi. (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243) 

Disamping itu, suatu riset yang dikerjakan Dr Charles Gerba dari University of Arizona mengatakan bahwa kita mustahil menghambat kuman serta bakteri masuk ke lingkungan kita. 

Tetapi kita dapat memerangi kuman dengan cara membersihkan tangan tiap-tiap saat sebelum serta usai beraktivitas. 

Serta, seperti dipublikasikan paparetta. wordpress. com, pada bln. Oktober 2010 lalu, makan memakai tangan dapat dibuktikan lebih menyehatkan. 
Karena dalam tangan, ada enzim RNAse yang bisa mengikat bakteri, hingga tingkat aktivitasnya sangatlah rendah saat masuk berbarengan makanan ke saluran pencernaan badan. 

Pada intinya, maksud paling utama enzim RNAse ini dipakai dalam analisa genetik, dengan maksud mendegradasi RNA, hingga yang tinggal dari suatu sel hidup yaitu DNA-nya. 
Enzim ini senantiasa terdapat dalam jari-jari serta telapak tangan manusia, hingga –dengan anggapan telah dikerjakan usaha menghigieniskan tangan sebelumnya– sistem penyuapan makanan ke saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang dapat mengikat sel bakteri supaya aktivitasnya tidak optimal. 

Demikian makanan masuk ke saluran pencernaan, jadi enzim ini akan turut mengikat pergerakan bakteri sampai ke saluran pembuangan. 

Demikian sebaliknya, bila manusia makan memakai alat penghubung seperti sendok serta garpu, jadi tidak ada yang dapat menahan laju kesibukan bakteri yang terdapat, baik di makanan atau alat makan tersebut. (*)

Subscribe to receive free email updates: