PERINGATAN UNTUK PARA ISTRI,KASIH TAHULAH SUAMI ANDA AKAN BAHAYA BILA MENARO DOMPET DI SAKU CELANA BELAKANG, TOLONG DIBAGI KETEMEN-TEMEN YANG LAIN.


Adalah hal yang umum bila beberapa pria menyimpan dompetnya di saku belakang celana mereka. Tetapi rutinitas itu malah dapat beresiko karena memengaruhi saraf-saraf badan. 

Beberapa pakar mengungkap beberapa orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana mempunyai resiko mengakibatkan kerusakan saraf-saraf kunci. Keadaan ini telah jadi sangatlah umum di orang-orang sampai dijuluki dengan nama ‘hip-pocket syndrome’ atau ‘wallet-neuropathy’. 

Pria yang senantiasa menempatkan dompet di saku belakangnya yaitu grup yang paling berisiko terserang keadaan ini. Pakar fisioterapi menjelaskan ada lonjakan jumlah pria yang menanggung derita atau mengeluhkan sakit punggung sisi bawah, serta disangka posisi dompet jadi penyebab paling utama keadaan ini. 

“Saat ini makin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Keadaan ini dipicu oleh posisi dompet yang menghimpit saraf di belakang badan serta seiring waktu dapat mengakibatkan linu panggul, ” tutur Julian Forth, seseorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti diambil dari Detikhealth.  

Firth mengungkap dompet itu akan menghimpit saraf-saraf di badan baik ketika orang mengemudi atau saat duduk ditempat kerja. Keadaan ini dapat juga menyebabkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki sisi bawah serta menyebabkan rasa sakit waktu jalan, duduk atau berbaring. 

Biasanya, keluhan yang nampak cuma sekitar kesemutan serta pegal-pegal di daerah pinggang ke bawah. 

“Jika lebih kronis, umumnya dikarenakan bukanlah karena terlampau lama menaruh dompet di saku belakang. Namun ada permasalahan lain pada susunan anatomi, misalnya di bagian tulang punggung, ” terang dr Ega. 

Beragam keluhan yang nampak disebabkan rutinitas menaruh dompet di saku belakang kerap dimaksud wallet sciatica. Menurut dr Ega, sciatica sendiri adalah beberapa kumpulan tanda-tanda yang merubah 3 kerja saraf, yaitu sensorik, motorik, serta refleks. 

Bila seorang menempatkan dompet di saku belakang, jadi akan menyebabkan ketidakseimbangan yang dengan cara tidak sadar melibatkan otot, tulang serta yang paling utama yaitu system saraf. Tidak seimbangan ini membuat seorang duduk condong miring serta berusaha untuk terus melindungi keseimbangan yang berpusat pada panggul. 

Keadaan ini kemungkinan melibatkan satu atau dua kurva kompensasi dari tulang belakang yang membuat posisinya jadi tak sejajar. Dengan cara tidak sadar hal semacam ini akan bikin bahu jadi turun. Tersebut penyebab menempatkan dompet di saku belakang dapat mengakibatkan nyeri pada leher, punggung serta bahu. 

Bila selekasnya beritahu pasangan, keluarga atau kerabat pria Anda memikirkan untuk hindari rutinitas itu. Walau sekian ada banyak hal yang dapat dikerjakan untuk hindari resiko masalah saraf, seperti diambil dari siouxcityjournal. com yakni : 

1. Lakukan sedikit peregangan saat sebelum duduk 
2. Keluarkan dompet dari saku belakang saat sebelum duduk walau dompet itu tidak tebal 
3. Menempatkan dompet pada tempat alternatif yang lain seperti saku jaket atau didalam tas 
4. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar hingga tidak mengganggu saraf serta susunan tulang dan ototnya benar 
5. Bila telah muncul keluhan baiknya selekasnya tanyakan dengan fisioterapis untuk melakukan perbaikan postur badan serta tidak jadi memperburuk situasi. 

Ahli kesehatan tulang serta sendi dari RS Siloam Surabaya, dr Benedictus Megaputera, SpOT menuturkan bahwa sciatic yaitu nama saraf yang ada di selama sumsum tulang belakang. Saraf ini memanjang sampai kaki, apabila alami tekanan waktu duduk dapat jadi permasalahan. 

“Dompet yang ditempatkan di saku belakang dapat mengganggu sciatic nerve karena penekanan itu, terutama waktu posisi duduk dengan celana ketat, ” kata dokter yang akrab disapa dr Ega ini pada detikHealth, Selasa (26/8/2014). 

Pakar Chiropractic asal New Zealand Joanna Wilson, D. c dari Chiropractic Indonesia, menaruh dompet di saku belakang akan mengakibatkan seorang lebih cepat capek, kesemutan, ataupun nyeri sendi. 

“Saya senantiasa merekomendasikan pria pada terutama untuk menaruh dompet di saku depan bukanlah belakangnya. Ini akan membuat tulang panggulnya berubah. Serta ini akan membahayakan kesehatannya, ” kata Joanna pada Liputan6. com. 

Jadi dimana baiknya menaruh dompet. Dengan argumen kesehatan, dr Ega merekomendasikan untuk menaruh dompet didalam tas atau di saku depan. Lagipula, menaruh dompet di saku belakang condong lebih rawan kecopetan.

Subscribe to receive free email updates: