LUAR BIASA,! AYO INTIP SEJUTA MANFAAT BUAH KELENGKENG BAGI KESEHATAN YANG JARANG DIKETAHUI.


Lengkeng (juga dimaksud kelengkeng, mata-kucing, atau longan, nama ilmiahnya yaitu Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, yaitu tanaman buah-buahan yang datang dari daratan Asia Tenggara. Tidak cuma daging buah, kulit serta bijinya juga bermanfaat. 

Di bawah ini sebagian resep yang bisa dicoba yang dikumpulkan dari beragam sumber. Buah lengkeng dalam bahasa Mandarin di kenal juga sebagai ong ya guo atau long yan, yang bermakna mata naga. Pohonnya dapat meraih ketinggian 10 mtr. atau lebih. Berdaun majemuk, dengan 2-4 (-6) gunakan anak daun, beberapa besar berbulu rapat di bagian aksialnya. 

Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0, 5-3, 5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, beragam 3-45 × 1, 5-20 cm, mengertas hingga menjangat, dengan bulu-bulu kempa terlebih di sebalah bawah di dekat pertulangan daun. Perbungaan biasanya di ujung (flos terminalis), 4-80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang sampai 6 mm. 

Pada daging buah ini ada kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, serta senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) yang lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Gabungan dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan beragam manfaat, salah satunya mengedurkan saraf. 

Makanya, didalam literatur dijelaskan lengkeng memberi efek penenang serta bermanfaat menangani gelisah, sulit tidur. Satu diantara obat pengusir gelisah yang alami yaitu lengkeng. Buah kecil berupa bulat yang datang dari daratan Cina ini masih tetap satu famili dengan rambutan serta leci. Lengkeng cukup disenangi orang-orang di Indonesia, karena terasa enak, manis serta beri kesegaran. Banyak yang menghidangkan buah ini juga sebagai hidangan pencuci mulut, atau dikonsumsi juga sebagai camilan di saat ngobrol atau melihat tv. ur, serta susah konsentrasi. 

Diluar itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung serta dapat menyembuhkan jantung berdebar keras. Dalam buku therapy buah dijelaskan buah lengkeng dapat juga menguatkan limpa, tingkatkan produksi darah merah, menaikkan nafsu makan, serta menaikkan tenaga, hingga sangatlah baik dikonsumsi oleh orang-orang yang tengah dalam sistem pemulihan stamina setelah sakit. 

Buah lengkeng bermanfaat juga untuk menyehatkan usus serta melakukan perbaikan sistem penyerapan makanan, memperlancar buang air kecil, menangani cacingan, menyehatkan mata, menyembuhkan sakit kepala, keputihan serta hernia. 

Akar lengkeng bermanfaat juga sebagai peluruh kencing serta melancarkan aliran darah. Daun bermanfaat juga sebagai antiradang serta peredam demam. 

Biji bermanfaat untuk menyingkirkan rasa sakit serta menghentikan pendarahan. Biji lengkeng ini dapat digunakan juga sebagai bahan pembuat sampo pencuci rambut, karena mengandung senyawa saponin yang bisa membuahkan busa dalam jumlah banyak. 

Memiliki kandungan Al*ko*h*ol 
Kandungan al*ko*h*ol yang termasuk tinggi pada buah lengkeng menyebabkan asumsi bahwa orang dapat mabuk bila umumnya mengonsumsinya. Tentang hal ini Dr. Handrawan Naedesul menyampaikan bahwa tiap-tiap buah memanglah diindikasikan mempunyai kandungan al*ko*h*ol. Tidak menyebutkan segera buah lengkeng, redaktur pakar Tabloid SENIOR ini jadi menyebutkan sebagian buah lain yang juga memiliki kadar al*ko*h*ol tinggi. " Misal yang pasti yaitu nangka serta durian. Kandungan al*ko*h*ol buah itu dibawah lima %, namun dapat memabukkan apabila kita mengonsumsinya berlebihan, " kata dokter yang juga suka menulis ini. Bahkan juga Dr. Handrawan mengungkap bahwa sesungguhnya sebagian bahan makanan yang mempunyai kadar al*ko*h*ol tinggi nyatanya baik untuk kesehatan, misalnya tape yang mengandung al*k*oh*ol karena sistem peragian. Tape menurut dia sangatlah baik dikonsumsi karena bermanfaat untuk melindungi kesehatan kulit serta peredaran darah. 

Penambahan informasi, tanaman ini datang dari China serta menebar ke Asia Selatan serta sisi asia lain. Penyebarannya melalui emigran China yang menyebar ke daratan Asia. 

Kandungan Gizi 
- Karakter astrigen 
- Sukrosa 
- Glukosa 
- Protein 
- Lemak 
- Vitamin (A, B, C) 
- Phosphorous 
- Karbohidrat 

Khasiat 
Kelengkeng dipakai untuk menyembuhkan : 
- Sakit perut 
- Insomnia 
- Amnesia 

Meminum sirup kelengkeng 2 kali satu hari bisa mengobati penyakit itu. Gelisah menimpa tanpa ada karena? Anda mungkin saja memikirkan untuk memakai obat penenang. Baiknya, janganlah buru-buru konsumsi obat kimia. Yang alami tambah lebih baik, aman, serta menyenangan untuk dicoba. Satu diantara obat pengusir gelisah yang alami yaitu lengkeng. Buah kecil berupa bulat yang datang dari daratan Cina ini masih tetap satu famili dengan rambutan serta leci. Lengkeng cukup disenangi masyarakat di Indonesia, karena terasa enak, manis serta menyegarkan. Banyak yang menghidangkan buah ini juga sebagai hidangan pencuci mulut, atau dikonsumsi sebagai camilan di saat ngobrol atau melihat tv. 

1. Kuatir, Amnesia, Penurunan Mental 
Sehari-hari minum satu sendok tonik lengkeng (gui yan gao). Mengenai cara membuat tonik lengkeng seperti berikut : ambil juga sebagai 500 gr buah lengkeng fresh serta 500 gr gula pasir. Didihkan di air sampai jadi kental. 

2. Tubuh Lemah atau Berat Tubuh Sesudah Sakit 
Sehari-hari, konsumsilah sejumlah 250 gr buah lengkeng fresh. Buang kulit serta bijinya. 

3. Hilang Nafsu Makan, Limpa Lemah 
Mengkonsumsi sejumlah 60 gr buah lengkeng fresh, buang kulit serta bijinya. Kerjakan 2 kali satu hari, pagi serta malam hari. Cara ini dapatlah menangani diare. 

4. Luka Bakar 
Ambillah sedikit kulit atau cangkang lengkeng. Bakar hingga jadi arang. Tumbuk halus serta campur dengan minyak tung (Aleuritis fordii) Tambahkan di bagian yang sakit. 

5. Luka Luar yang Tidak Kunjung Sembuh 
Ambillah sedikit cangkang atau biji lengkeng yang telah kering, bakar sampai jadi arang. Tumbuk hingga halus. Tambahkan minyak zaitun. Serta berikan di daerah luka. 

Tersebut penyebab waktu musim buah kelengkeng, banyak orang ikhlas antri untuk membelinya. di tepi jalan. Terkecuali asyik cara makannya, enak rasa buahnya, kandungan manfaat nya juga banyak. Walaupun buahnya terlihat kecil serta imut, manfaat di balik ukuran buah itu janganlah di sepelekan 

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil 

1. Meningkatkan Energi 
Manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil yaitu untuk tingkatkan energi hingga tidak terasa lemas waktu hamil. Kandungan glukosa pada buah kelengkeng diakui dapat membuat ibu hamil terus tambah energi waktu hamil ataupun sesudah melahirkan. 

2. Melancarkan Pencernaan 
Manfaat ke-2 yaitu memperlancar pencernaan. Kandungan protein di dalam buah ini sangatlah bagus untuk kesehatan usus ibu hamil hingga buang air dapat lancar. 

3. Efek Menenangkan 
Kandungan senyawa fitokimia pada buah kelengkeng dapat menolong menentramkan saraf hingga beberapa ibu hamil dapat tidur pulas pada malam hari serta terhindar dari insomnia 

4. Menghindar Anemia 
Ibu-ibu hamil sangatlah rentan untuk terserang anemia terlebih pasca melahirkan oleh karena itu tidak ada kelirunya untuk konsumsi buah kelengkeng agar terlepas dari anemia 

Nah tersebut manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan serta ibu hamil yang butuh Anda kenali agar tidak menyepelekan buah yang satu ini. Tetapi untuk catatan serta sangatlah utama yakni janganlah terlalu banyak konsumsi buah kelengkeng dalam satu saat karena dapat membuat kepala merasa pusing.

Subscribe to receive free email updates: