29 MANFAAT DAUN SIRIH MERAH UNTUK KESEHATAN SERTA KETAHUI CARA MENGUNAKANYA.


Siapa yang tidak tahu sama tanaman merambat yang satu ini. Bila orang tua dahulu memakai daun sirih untuk nginang. Kesibukan nginang kelihatannya telah sangatlah jarang dikerjakan sekarang ini, terkecuali di beberapa daerah spesifik saja. 

Walau sebenarnya satu diantara rahasia gigi orang tua dahulu awet, kuat, serta tidak sering sakit di bagian rongga mulut yaitu karena daun sirih. Tapi memanglah, aktivitaas menginang dapat bikin mulut kita jadi merah. Sekurang-kurangnya ada 29 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, seperti untuk menyembuhkan keputihan, menangani bau pada v*agin*a, menyembuhkan gatal serta lain sebagainya. 

Mengapa daun sirih dapat mempunyai banyak manfaat? Hal semacam ini karena beragam kandungan zat kimia yang ada di dalamnya. Di bawah ini yaitu kandungan zat kimia pada daun sirih : 

Eugenol 
Polifenol 
Alkaloid 
Allyprokatekol 
Saponin 
Karvanol 
Minyak asiri 
Flavonoid berbentuk anti kanker 
Karvanol juga sebagai desinfektan 
Tanin berbentuk anti kanker 
Polevonolad 
Penil propada 
Hidroksikavikol 
Caryofelen 
Cineole 
Karvakrolkavikol 
Kavibetol 
Kadimen 
P-cymene 
Terpenen 

Masing-masing zat kimia itu mempunyai peran yang berbeda-beda, seperti : senyawa flavoid serta polifenol sendiri bermanfaat juga sebagai antioksidan, antiflamasi, serta antidiabetic. Disamping itu, senyawa alkaloid sangatlah baik untuk menghalangi perkembangan beberapa sel kangker. 

Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah mempunyai manfaat juga sebagai desinfektan serta antijamur, kandungan senyawa eugenol dalam sirih merah berperan analgesic atau pereda nyeri. Kandungan senyawa tannin berperan juga sebagai penyembuh diare serta antiseptik pada luka. Meracik sirih merah bisa dikerjakan oleh dua cara, dalam situasi segar serta dikringkan. Sirih merah dapat juga dipakai juga sebagai ramuan tunggal ataupun bersamaan dengan type herbal lain. 

Bagaimana? Sangat luar biasa sekelai bukan? Nah, untuk selengkapnya, di bawah ini yaitu 29 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan 

Manfaat Daun Sirih Merah 
29 Faedah Daun Sirih Merah untuk Kesehatan 
Seperti telah dijelaskan di ataas, bahwa daun sirih merah mempunyai sangat banyak manfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit, di bawah ini yaitu penjelasannya : 

1. Menyembuhkan batuk 
Manfaat pertama daun sirih merah yaitu bisa menyembuhkan batuk. Caranya siapkan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas serta madu seperlunya. Daun sirih diiris-iris, lalu di rebus berbarengan daun bidara upas dalam 2 gelas air sampai mendidih. Sesudah dingin, lebih madu seperlunya, lalu ramuan itu di buat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan. 

2. Kurangi produksi ASI 
Produksi ASI terlalu berlebih dapat diatasi dengan memakai daun sirih merah. Caranya mudah, ambillah 4 lembar daun sirih serta oleskan dengan minyak kelapa. Kemudian panggang di atas api, jangan sempat hangus terbakar. Dalam situasi masih tetap hangat, daun sirih itu ditempelkan di seputar payudara. 

3. Penyakit jantung 
Bila anda alami jantung koroner, jadi daun sirih merah dapat jadikan alternatif untuk mengobatinya. Caranya siapkan 3 lembar daun sirih, 7 gunakan biji kemukus, 3 siung bawang merah, serta 1 sendok makan jintan putih. Seluruhnya bahan itu ditumbuk hingga halus, ditambah 5 sendok air panas, dilewatkan sebagian menit, lalu diperas serta disaring. Ramuan itu diminum 2 kali 1 hari serta dikerjakan dengan teratur. 

4. Menyembuhkan Penyakit Sefilis 
Manfaat daun sirih dapat menyembuhkan penyakit sefilis, caranya mudah siapkan 25-30 lembar daun sirih berbarengan tangkainya, 1/4 kg gula aren serta garam dapur seperlunya. Seluruhnya bahan itu di rebus berbarengan dengan 2 liter air hingga mendidih, lalu disaring. Ramuan itu diminum 3 kali 1 hari dengan cara terus-terusan. 

5. Bronkhitis 
Siapkan 7 lembar daun sirih serta 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, lalu di rebus berbarengan gula batu dengan air 2 gelas hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas, serta disaring. Ramuan itu diminum 3 kali satu hari 3 sendok makan. 

6. Menangani Diare 
Diare adalah satu diantara penyakit yang bisa bikin anda bolak-balik ke kamar mandi, bila anda alami diare anda bisa coba mengatasinya dengan memakai daun sirih dengan cara mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica serta 1 sendok makan minyak. Lalu tumbuk ketiga bahan itu sampai lembut, lalu gosokkan pada perut pasien diare. 

7. Menyembuhkan gusi berdarah 
Bila anda alami pendarahan pada gusi, manfaat daun sirih jalan keluar alaminya, obati saja dengan daun sirih. Caranya, ambillah 4 lembar daun sirih lalu di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Sesudah dingin, ramuan itu dipakai untuk berkumur. Lakukan berulangkali sampai sembuh. 

8. Menyembuhkan Mimisan 
Bila anda sering alami mimisan atau berlangsung berdarah pada hidung, anda bisa berhenti dengan memakai daun sirih. Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, lalu lumatkan, gulung sembari ditekan sampai keluar minyaknya. Kemudian pakai untuk menyumbat hidung sampai tidak keluar darah lagi. 

9. Menyembuhkan gigi berlubang 
Bila anda megalami sakit gigi dikarenakan gigi berlubang, segera ambillah 1 lembar daun sirih serta rebus dengan 2 cangkir air sampai mendidih. ramuan daun sirih itu dipakai untuk berkumur. Kerjakan erulang-ulang sampai sembuh. 

10. Sebagai obat Kanker 
Daun sirih bisa bermanfaat untuk menyembuhkan kanker, anda bisa memakainya untuk mengobatinya dengan cara ambil sebagian lembar daun sirih, lalu rebus sampai airnya menyusut sampai 1/4 sisi, selanjutnya ambillah air hasil rebusan daun sirih itu, campur dengan madu. Minumlaj 3 kali satu hari ketika masih juga dalam situasi hangat. 

11. Memperlancar Buang Air Kecil 
Daun sirih berbentuk diuretik yang berguna untuk memperlancar buang air kecil. Bila anda alami penyakit sulit buang air kecil, anda bisa coba memakai daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat juice daun sirih. Caranya yaitu dengan mencampurkan juice daun sirih dengan madu serta susu, lalu diminum sepanjang 1 minggu sekali. 

12. Menyembuhkan Koreng atau gatal-gatal 
Satu diantara manfaat daun sirih yakni bisa menyembuhkan koreng dan gatal-gatal yang dikarenakan oleh kuman serta jamur. Anda bisa mengobatinya cuma dengan merebus daun sirih, kemduian air rebusan itu dipakai untuk mandi atau dapat pula dengan membersihkan kulit yang tekena gatal saja. Caranya dengan mengambil 15 sampai 20 lembar daun sirih, lalu bersihkan bersih serta rebus. Sebisa mungkin pakai ramuan daun sirih dalam situasi masih tetap hangat. 

13. Sebagai obat Jerawat 
Untuk Anda yang memiliki persoalan dengan jerawat serta selekasnya mau menghilangkannya, percayakan pada manfaat daun sirih. Anda bisa memakai daun sirih lewat cara mengambil 8 sampai 10 lembar daun sirih, lalu bersihkan bersih, remas atau ditumbuk kasar, lalu seduh dengan air panas serta pakai air itu untuk membersihkan luka. Kerjakanlah langkah tersebut sampai 2 atau 3 kali satu hari. 

14. Menghilangkan Bau Badan 
Anda memiliki persoalan dengan bau tubuh, serta mau menghilangkannya dengan cara alami. Anda bisa cobanya dengan memakai daun sirih untuk menghilangkannya, karena manfaat daun sirih dapat menangani bau tubuh. Langkahnya ambillah 5 lembar daun sirih serta rebus dengan dua gelas air. Tunggulah sampai tersisa sampai 1 gelas saja. Lalu minulah pada siang hari. Kerjakan cara ini sampai bau badan hilang.

15. Manfaat Daun Sirih bisa Menyembuhkan Bisul 
Bila anda tengah terserang bisul, jadi anda bisa memakai daun sirih untuk mengobatinya. Caranya sangatlah mudah, cuma dengan menumbuk daun sirih tua seperlunya, selanjutnya tambahkan ke ruang yang terserang bisul. Agar daun sirih tidaj terlepas, sebaiknya balut menggunkan kain. 
  
16. Menyembuhkan Diabetes Mellitus (Kencing Manis) 
Ambillah tiga lembar daun sirih merah setengan tua dari daun ke enam atau ketujuh dari pucuk. Bersihkan bersih selanjutnya irislah kecil-kecil. Setelah itu, rebus dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih sampai tersisa ½ gelas. Lalu, minum ramuan satu hari tiga kali saat sebelum makan. Sekali minum ½ gelas. 
  
17. Menyembuhkan Radang Prostat 
Siapkan 6 lembar daun sirih merah yang masih tetap muda (sisi pucuk). Bersihkan bersih lalu irislah kecil-kecil, lalu rebus dengan air 2 gelas (400 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu, saring serta minum ramuan sekalian sesudah dingin (dapat ditambahkan madu murni sejumlah 2 sendok teh) 2 x satu hari. 

18. Menyembuhkan TBC 
Siapkan 6 lembar daun sirih yang telah tua berukuran tengah atau ukuran besar sejumlah 4-5 lembar. Bersihkan bersih serta dibasuh sampai 3 kali, lalu iris kecil-kecil serta rebus dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah itu, saring serta minum ramuan pada saat hangat tiga kali satu hari. Sekali minum sebayak ½ gelas. Untuk hindari rasa yang terlampau pahit dapat ditambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis. 
  
19. Menyembuhkan Asam Urat 
Ambillah 7 lembar daun sirih merah ukuran tengah beserta batangnya selama 15 cm. Bersihkan bersih selanjutnya irislah kecil-kecil serta di rebus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai tersisa 2 gelas. Lalu, saring serta minum ramuan pada saat hangat 2 x satu hari. Sekali minum ½ gelas. Dapat ditambahkan 2 sendok teh madu murni serta perasan jeruk nipis. Bekasnya dapat diminum pada hari selanjutnya sesudah dipanaskan terlebih dulu. 
  
20. Menyembuhkan Kanker P4yud4r4 serta Rahim 
Siapkan enam lembar daun sirih yang berukuran besar beserta batangnya selama 15 cm (usahakan pilih daun sirih merah yang sisi bawahnya berwarna merah rata serta fresh). Daun serta batang sirih merah dicuci sampai bersih, di rebus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas, lalu disaring. Minum ramuan pada saat hangat 2 x satu hari, sekali minum ½ gelas. Dapat ditambahkan 2 sendok teh madu murni. 
  
21. Menyembuhkan Wasir 
Ambillah 7 lembar daun sirih lalu bersihkan bersih serta diiris kecil-kecil. Setelah itu rebus sirih merah dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 ½ gelas. Sesudah disaring serta dingin, ramuan diminum tiga kali satu hari, sekali minum ½ gelas. Dapat ditambahkan 2 sendok teh madu murni. 
  
22. Menyembuhkan Penyakit Ginjal 
Petik 8 lembar daun sirih merah yang masih tetap muda (daun sisi pucuk). Bersihkan bersih, irislah kecil-kecil, lantas rebus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah itu, saring serta endapkan ramuan terlebih dulu. Sesudah dingin ramuan diminum tiga kali satu hari, sekali minum ½ gelas serta dapat ditambahkan dengan madu murni dua sendok teh. 
  
23. Menyembuhkan Hepatitis atau Radang Liver 
Ambillah enam lembar daun sirih merah tua memiliki ukuran besar selanjutnya bersihkan dengan air mengalir dengan cara berkali-kali. Lalu, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas (800 ml) air hingga mendidih sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah itu, minum ramuan 3 kali satu hari dengan ukuran ½ gelas. Tambah baik bila ditambahkan madu tiga sendok teh setiap saat minum. 
  
24. Menangani luka bakar 
Siapkan sebagian daun sirih merah lantas bersihkan bersih. Peras airnya lalu lebih dengan sedikit madu. Setelah itu, tempelkan ditempat terjadinya luka bakar. (untuk masalah luka bakar yang seumpamanya tidak ringan sebaiknya segera dibawa ke dokter) 
  
25. Menyembuhkan maag 
Siapkan sebagian daun sirih merah, lalu bersihkan bersih. Setelah itu giling hingga halus, selanjutnya lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ubah 2 x satu hari. 
  
26. Menyembuhkan Mata Merah 
Petik 5 atau 6 helai daun sirih merah yang masih tetap muda, masak dengan air panas, lalu tunggulah hingga air dingin, lalu basuhkan ke mata yang sakit. Kerjakan tiga kali sehari hingga mata sembuh. 
  
27. Kurangi jerawat 
Siapkan 7 hingga 10 helai daun sirih merah, bersihkan serta haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Setelah itu, pakai airnya untuk membersihkan muka. Kerjakan 2-4 kali setiap hari. 
  
28. Menangani Keputihan 
Siapkan 10 helai daun sirih merah lalu bersihkan bersih. Lalu seduh dengan seputar 3 liter air hangat. Pakai air rendamannya yang masih tetap hangat untuk bersihkan alat vital Anda (wanita). 
  
29. Mengobati payudara bengkak karena berikan ASI 
Ambillah sebagian helai daun sirih merah, bersihkan serta berikan sedikit minyak kelapa pada daun. Setelah itu, panaskan sebentar daun diatas api hingga seumpamanya kisut. Lalu, simpan daun di payudara waktu masih tetap sedikit hangat

Subscribe to receive free email updates: