Bapak ,Ibu Waspadalah !!...Akan Tersebar Wabah Flu Singapura –Ini Dia Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya"!! Tolong Sebarkan Informasi ini...Satu Share Dari Anda Telah di Tunggu Saudara-Saudara Kita..!!!


Mungkin saja ada banyak yang belum tahu apakah itu “flu singapura”, dapat dibuktikan waktu seorang anak saya diagnosis dengan menyampaikan “Pak, Bu, Ananda ini tengah diserang flu singapura” Ortu : “wah, penyakit apakah itu dok? walaupun sesungguhnya kami belum pernah ke singapore”.. hmmm.. itu satu diantara contoh serta ada banyak yang lain. 

Oleh karena itu pada sekarang ini, mari kita jalani apakah itu flu singapura, sinyal tanda bersama ciri-cirinya, penyebabnya serta pemularannya serta pengobatan atau perawatan di rumah untuk pasien flu singapura. semoga bisa berikanlah manfaat yang sebesar-besarnya untuk pembaca sekalian. 

Arti kedokteran flu singapura yakni hand foot and mout disease atau disingkat HFMD, apabila dibahasa indonesiakan jadi penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karena satu di antara ciri penyakit ini yakni ada lepuhan pada kaki, tangan, serta mulut. Lalu kenapa disebut Flu singapura? karena penyakit ini pernah mewabah di singapore hingga banyak sekolah dan fasilitas umum yang lain jadi ditutup karena penyakit ini sampai penyakit ini jadi popular dengan sebutan flu singapore. 

Flu singapura yakni penyakit infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir serta mulut segi dalam, luka lepuhan juga terlihat pada tangan, kaki, serta terkadang pada pantat atau daerah popok. 

Penyebabnya serta Langkah Penularan Flu singapura 

Penyebabnya Flu singapura yakni virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus serta Enterovirus. Virus Penyebabnya Flu singapura tersering namun mudah yakni Coxsackie A16, tengah penyebabnya yang menyebabkan permasalahan berat atau punya potensi menyebabkan komplikasi hingga kematian yakni Enterovirus 71. 

Karena pemicunya virus jadi flu singapura ini mudah menular. Penularannya seperti penyakit flu yaitu melalui droplet saat bersin, air liur, tinja, serta cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tak selekasnya bisa melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh cairan itu. Penyakit ini umumnya menyerang balita usia 2 minggu sampai 5 th., namun ada permasalahan yang berjalan pada anak hingga usia 10 th.. Tengah Orang dewasa biasanya kebal pada enterovirus ini, namun mungkin saja berlangsung. 

Seperti infeksi virus umumnya, misalnya cacar air, anak yang sudah pernah diserang flu singapura akan memiliki kekebalan pada penyakit ini. Dengan catatan, virus strain-nya sama, tetapi apabila virus strainnya berbeda, anak tetaplah dapat diserang lagi. 

Gejala serta Tanda-tanda 

Flu Singapura 

Tanda-tanda Flu singapura biasanya akan terlihat 3 sampai 6 hari setelah anak terserang atau diserang virus. Ini disebut waktu inkubasi. Tanda-tanda serta Sinyal tanda flu singapura diantaranya : 

Pada awalnya anak akan alami demam dengan suhu tubuh 101°F (38°C) sampai 103°F (39°C) diimbangi rewel atau lesu terkadang diimbangi pilek. Pada anak yang lebih gede biasanya mengeluh sakit tenggorokan, pada bayi mungkin saja saja akan menolak ASI atau tidak mau minum terutama makan karena sakit menelan. 

Lalu satu atau dua hari setelah itu, terlihat bintik-bintik merah waktu lalu jadi luka atau lecet di mulut (bibir dan pipi segi dalam, langit-langit dan tenggorokan) sama sariawan kecil-kecil dan banyak. Diluar itu terlihat juga ruam berupa bintik-bintik merah datar atau nampak di isi cairan (vesikel) atau lepuhan, serta terkadang pecah jadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini biasanya ada pada telapak tangan dan telapak kaki ; dapat juga terlihat pada lutut, siku, pantat atau daerah genital. 

Beberapa anak yang terinfeksi dengan virus flu singapura ini mungkin saja saja tidak peroleh semua sinyal tanda penyakit. Sebagian mungkin saja saja hanya alami ulkus mulut atau lepuhan pada kulit. 
Seperti penyakit virus yang lain, penyakit flu singapura akan tambah baik sendiri tidak ada pengobatan dalam kurun waktu 7-10 hari. 

vesikel flu singapura 

contoh lepuhan flu singapura pada telapak tangan 

Perawatan dan Pengobatan Flu Singapura 

Penyakit flu singapuran biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Anda dapat menggunakan perawatan di rumah untuk membantu memperingan tanda-tanda flu singapura pada anak, yakni melalui cara : 

Berikanlah anak cairan atau minuman dingin untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Minum harus banyak agar tidak berjalan dehidrasi. Jangan sampai berikan makanan atau minuman yang terasa asam atau pedas, kerupuk, keripik atau gorengan sejenis. Karena makanan ini bisa buat sariawan lebih menyakitkan. 

Untuk meredakan nyeri serta demam, berikanlah acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen. Baca Ketetapan Pakai! Baca juga : Langkah tentukan obat penurun panas 
Jangan sampai berikan aspirin pada anak. 

Jangan sampai berikan antibiotik karena penyakit ini karena oleh virus tidaklah bakteri. 
Apabila anak atau bayi juga alami muntah, diare atau tidak dapat makan serta minum sampai jadi lemah, jadi pasien itu harus dirawat. 

Langkah Menghindar Flu Singapura 

Tidak ada vaksin yang dapat disuntikkan bikin perlindungan pada virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, serta mulut ini. Seseorang dapat turunkan kemungkinan atau menghindar flu singapura melalui cara : 
Sering bersihkan tangan dengan sabun serta air mengalir, terutama setelah ubah popok serta menggunakan toilet. 

Rajin bersihkan benda-benda yang sering disentuh termasuk mainan anak. 
Jauhi kontak dekat seperti mencium, memeluk, atau berbagi perlengkapan makan atau cangkir dengan beberapa orang yang lagi sakit flu singapura. 

sumber : mediskus. com

Subscribe to receive free email updates: