Tolong Sebarkan !! Tips Cerdas Menyimpan Sayuran Agar Lebih Tahan Lama dan Tetap Segar


Sayur adalah satu diantara menu yang diharuskan ada di meja makan. 
Oleh karenanya, banyak ibu-ibu rumah tangga yang berniat beli sayur dalam jumah yang semakin banyak sebagai stok atau persediaan. Karena tidak segera di proses, sayuran jutsru jadi busuk serta tidak tahan lama, hingga begitu banyak sayuran yang malah terbuang dengan percuma. 

Nah, untuk saat ini anda janganlah terasa cemas, karena ada tips menaruh sayuran agar lebih tahan lama serta tidak mudah layu. 

1. Cerdas saat beli sayuran 

Saat anda akan beli sayuran sebagai persediaan, jadi anda mesti mendatanya terlebih dulu. Alangkah lebih sebaiknya bila anda membuat tabel kecil agar semakin dapat mempermudah anda sendiri saat mendata sayuran apa sajakah yag akan anda beli untuk persediaan. 

Sesudah mendaptkan daftar sayur, jadi saat membelinya anda mesti lebih cermat lagi. Di mana anda haru beli sayur yang masihlah fresh. Jauhi beli sayur yang telah tidak dalam kondisi fresh, karenanya akan membuat sayur tidak dapat bertahan lama. 

2. Bersihkan sayur yang baru anda beli 

Bila semuanya sayur yang diperlukan telah anda peroleh, mak anda janganlah lupa untuk mencucinya sesuai sama macamnya. Seperti misalkan kelompk sayur hijau, serta untuk sayur yang lain seperti labu siam, wortel, lobak, terong, sawi putih serta yang lain, diinginkan dicuci satu persatu supaya betul-betul bersih. Sedang untuk sayuran yang mudah lembek seperti oyong, jadi anda cukup mencucinya sejumlah 2 kali saja atau membilasnya, karena sayur itu telah mempunyai kadar air yang cukup banyak. Sayur yang telah dicuci janganlah segera disimpan, tetapi ditiriskan terlebih dulu. 

3. Janganlah menaruh sayur yang telah dipotong 

Jauhi menaruh sayuran saat dalam kondisi telah terpotong-potong, karena menaruh sayur dalam kondisi utuh akan membuat sayur lebih tahan lama. 

4. Meyakinkan apakah kulkas bersih atau tidak 

Saat hendak menaruh sayur kedalam kulkas atau almari es, jadi anda mesti meyakinkan terlebih dulu apakah kulkas bersih atau malah sebaliknya, serta yakinkan juga bila kulkas bersuhu cocok. Kulkas yaitu tempat yang pas untuk menaruh sayuran karena suhu di dalamnya sejuk serta dingin. Suhu didalam kulkas baiknya yakni pada 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu jadi akan mengakibatkan munculnya bakteri yang nanti akan memengaruhi rasa serta aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sesaat bila lebih rendah dari itu jadi akan membuat sayuran beku. 

5. Tata dengan benar sayuran didalam kulkas 

Anda mesti mengetahui seperti apa serta bagaimana caranya membenahi sayur yang baik serta benar didalam kulkas. Kulkas mempunyai saku almari yang disimpan di pintu yang umumnya dipakai untuk menaruh telur atau minuman, tubuh kulkas seperti rack bersusun serta sisi freezer. 

Nah, sisi yang begitu cocok dipakai untuk menaruh sayuran yakni sisi tubuh kulkas. Di tubuh kulkas berikut anda mesti membenahi sayur dengan baik serta benar. 
Pada umunya kulkas mempunyai 4 lantai, di mana lantai yang paling bawah dipakai untuk menaruh sayur berdaun hijau atau grup sayur hijau, karena letaknya paling bawah serta mempunyai suhu dingin yang stabil. Anda diinginkan membenahi sayur hijau dengan rapi serta arah tidur vertikal supaya dapat muat lebih banyak sayur. 

Untuk lantai 2 dapat anda pakai untuk menaruh sayuran yang mempunyai kadar air rendah seperti umpamanya wortel, kol, kacang panjang, buncis serta lain sebagainya. Suhu pada lantai 2 ini umumnya tidak terlalu dingin karena tidak dekat dengan pendingin yang ada di lantai 4. 

Untuk lantai 3 dapat anda pakai untuk menaruh bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih serta yang lain. 

Untuk lantai 4 dapat anda pakai untuk menaruh sayuran berkadar air tinggi karena suhu dilantai 4 lebih dingin dibanding dengan suhu yang lain. Sayur-sayuran berkadar air tinggi seperti misalkan terong, tomat, timun, cabai, paprika serta sayuran yang jika disimpan akan keluarkan air. 

6. Masukan sayur kedalam kantong plastik 

Sebelumnya disimpan, semakin lebih sebaiknya bila sayuran dimasukan terlebih dulu kedalam plastik berlubang. Menaruh sayuran kedalam plastik juga adalah satu diantara cara pas untuk menjaga sayuran agar tidak mudah rusak, karena saat sayuran dibungkus oleh plastik serta disimpan didalam kulkas jadi hilangnya kelembapan sayur semakin lebih menyusut. Bila disimpan tanpa ada dimasukan kedalam plastik, jadi sayuran akan lebih mudah kering. 

Tersebut tips menaruh sayuran agar tahan lama. Selamat coba.

Subscribe to receive free email updates: