LATIHAN PERNAPASAN UNTUK MERINGGANKAN GEJALA ASMA DAN SESAK NAFAS.TOLONG BAGI KE-TEMAN"ANDA.


Asma yaitu penyakit paru-paru kritis yang menyempit serta menghalangi saluran hawa, hingga susah untuk bernapas. Pasien asma bahkan juga mungkin saja alami kemelut pada badan mereka karena mereka mesti meletakkan usaha ekstra ke pernafasan. Dinding dada bisa jadi kaku serta tak bergerak dengan mudah untuk sangat mungkin aliran udara ke bawah dada serta daerah diafragma. Otot-otot respirasi (pada intinya otot yang berperan pada menghirup serta hembuskan nafas) akan terus tegang bahkan juga saat tidak ada permasalahan pernafasan kritis. 

Tanda-tanda penyakit paru-paru kritis ini termasuk juga batuk, mengi serta sesak napas. Asma bisa dipicu oleh alergi apapun, udara dingin, infeksi pernafasan (umpamanya flu umum), stres, serta obat-obatan. 

Aspek resiko umum termasuk juga : 

a. Kisah keluarga 
b. Type kelamin serta umur (asma seringkali berlangsung pada anak-anak walau resiko yang relatif sama untuk pria serta wanita) 
c. Merokok (asap rokok menghematasi saluran udara) 
d. Kegemukan 
e. Polusi udara (paparan asap tingkatkan resiko asma) 

Asma bisa mengganggu kesibukan sehari-hari serta pada akhirnya mengakibatkan serangan asma yang meneror jiwa. Berita baiknya yaitu bahwa latihan pernafasan teratasi bisa menolong! 

Beberapa peneliti yakin bahwa pasien asma bernapas lebih cepat dibanding dengan paru-paru normal. Banyak pasien asma juga mempunyai kecenderungan untuk bernapas melalui mulut mereka, menunjukkan paru-paru dingin serta udara kering (penyebab asma). Latihan pernafasan yang mendorong pernafasan pendek teratasi bisa kurangi tanda-tanda asma serta keperluan untuk penyembuhan. 

Latihan Pernafasan untuk Pasien asma 

1. Pernafasan Buteyko : 
tehnik pernafasan ini mengajarkan pasien asma bagaimanakah dengan cara sadar kurangi tingkat napas mereka atau volume pernafasan mereka. Duduk tegak serta rilekskan dada serta perut otot waktu bernapas. Untuk melindungi konsentrasi, tutup mata Anda serta menengadah ke langit-langit. Bernapas lembut perlahan-lahan melalui hidung (tutup mulut). Buang napas perlahan-lahan hingga Anda terasa seperti tidak ada lagi udara yang tersisa di paru-paru Anda. Selanjutnya, tahan nafas sepanjang yang Anda dapat serta lalu kembali pada pernafasan lembut. 

2. Latihan gerakan fisik : 
latihan pernafasan ini memadukan ke-2 unsur fisik serta pernafasan. Postur yang baik yaitu kunci. Tutup matamu ; santai serta berkonsentrasi pada pernafasan Anda sembari duduk di posisi istirahat. Pertama, konsentrasi pada pernafasan dengan lakukan perputaran bahu. Selanjutnya, konsentrasi pada pernafasan waktu lakukan mengangkat lengan. 

3. Pernafasan diafragma : 
Ini yaitu tehnik simpel yang akan mengoptimalkan distribusi hawa di paru-paru Anda. Anda dapat duduk atau berbaring untuk latihan ini. Konsentrasi pada bernapas perlahan melalui hidung Anda. Saat Anda menarik napas, yakinkan perut Anda bergerak keluar. Selanjutnya, hembuskan napas perlahan-lahan, dengan perut Anda bergerak ke. Fase menghembuskan napas mesti 2 x lebih lama daripada hirup. 

4. Cara Papworth : 
cara pernafasan ini serupa dengan cara Buteyko serta pernafasan diafragma. Latihan pernafasan bakal menolong beberapa orang dengan asma ringan yang dikarenakan oleh napas cepat atau pernafasan mulut. Cara ini fokus pada ritme pernafasan tenang serta teratur. Hal semacam ini juga melibatkan bernapas melalui hidung serta memakai diafragma serta perut waktu mengerjakannya. 

5. Yoga : 
Yoga melibatkan keadaan menahan serta berkonsentrasi pada pernafasan. Suatu riset yang dipresentasikan pada American College of Sports Medicine tunjukkan bahwa latihan yoga teratur (yakni sekian kali tiap-tiap minggu) melakukan perbaikan tanda-tanda serta kwalitas hidup untuk pasien asma. Peserta dalam riset ini lihat tanda-tanda menyusut sampai 43% 

6. Tehnik relaksasi progresif : 
Tehnik ini akan menolong Anda mengendurkan otot-otot pada badan Anda. Berbaring, tutup mata Anda serta berkonsentrasi pada pernafasan melalui hidung. Kencangkan otot-otot di kaki kanan Anda serta tahan sepanjang 20-30 detik, santai serta rasakan kemelut lepas. Ulangilah dengan kaki Anda yang lain. Sesudah usai, badan Anda akan terasa enteng. 

7. Pernafasan mengerutkan bibir : 
Type cara pernafasan ini berguna bila Anda menanggung derita serangan asma. Tarik napas perlahan melalui hidung serta hembuskan napas melalui bibir mengerucut ; hembuskan napas seperti bila Anda coba bersiul. Latihan pernafasan ini mesti dikerjakan waktu memakai tehnik pernafasan diafragma.

Pergantian lifestyle serta Penyembuhan Rumahan 

Menjaga lifestyle sehat adalah pelengkap yang bagus untuk latihan pernafasan Anda serta bakal kurangi kemungkinan serangan asma di hari esok. 

Jauhi penyebab Anda : 

1. Bersihkan dekorasi Anda : 
Minimalkan jumlah debu yang Anda hirup waktu Anda tidur secara teratur bersihkan atau ganti barang di kamar tidur Anda. Menyertakan serta menyarung kasur Anda, serta bantal dengan penutup debu. Bersihkan karpet serta gunakan lantai kayu keras. Bersihkan gorden secara teratur. 

2. Kelembapan yang pas : 
Bila Anda tinggal di iklim lembab, Anda mungkin saja butuh memperhitungkan memakai dehumidifier. 

3. Bersihkan dengan teratur : 
Bersihkan rumah Anda sekurang-kurangnya sekali satu minggu. Bila Anda temukan daerah berdebu, gunakan masker atau suruh orang lain untuk bersihkan. 

4. Pakai AC : 
AC akan kurangi jumlah serbuk sari dari rumput, gulma serta pohon yang mengalir didalam ruang. Hal ini juga turunkan kelembapan dalam ruang serta kurangi menonjolkank pada debu. Bila Anda tidak mempunyai pendingin udara lalu jendela ditutup sepanjang musim serbuk sari. 

5. Kurangi ketombe hewan peliharaan : 
Bila Anda alergi pada bulu, jauhi hewan peliharaan dengan bulu atau rambut. Mandikan serta dandani hewan peliharaan Anda dengan teratur dapat juga kurangi jumlah bulu dirumah Anda. 

6. Tutup hidung serta mulut sepanjang musim dingin : 
Bila satu diantara penyebab asma Anda yaitu udara dingin atau kering, lalu pakai masker muka bila dingin diluar. 
7. Jagalah berat tubuh yang sehat : keunggulan berat tubuh atau obesitas bisa memperburuk tanda-tanda asma. 

8. Kontrol maag serta penyakit gastroesophageal reflux (GERD) : 
refluks asam mengakibatkan mulas, bisa merusak saluran udara serta menyebabkan tanda-tanda asma Anda. Bila Anda menanggung derita kerap mulas, bicara dengan dokter Anda perihal penyembuhan untuk GERD. 

Mekanisme koping : 

1. Kontrol diri : 
Asma bisa menantang serta stres setiap saat, jadi beristirahatlah diantara pekerjaan serta jauhi aktivitas yang bakal bikin tanda-tanda lebih tidak baik. 

2. Buat Catatan : 
Bikin catatan akan menolong Anda hindari terasa kewalahan serta putus harapan. Hadiahi diri Anda sendiri untuk tiap-tiap maksud Anda raih. 

3. Bercakap dengan orang lain yang memahami keadaan Anda : 
Pakai Internet, papan pesan, chat room atau grup dukungan untuk terhubung dengan orang lain yang hadapi tantangan asma sama.

Subscribe to receive free email updates: