USIR LALAT DENGAN KANTONG ISI AIR, KOK BISA?? BEGINI PENJELASANYA!


Di warung-warung makan, seperti warteg umpamanya, sering tampak kantong plastik diisi air digantung diatas etalase. Awalannya banyak teman yang menebar mitos, plastik air itu juga sebagai jimat atau penglaris agar usaha semakin laris. 

Tetapi demikian di tanyakan segera pada yang memiliki warung, mereka tertawa serta bilang sesungguhnya manfaat plastik air itu untuk mengusir lalat. Loh, bagaimana cara mengusirnya? 

Lalat mempunyai konstruksi mata yang unik, yaitu mata majemuk yang tempati beberapa besar kepalanya serta tiga mata diantara dua mata majemuk. Karena mata majemuknya ini, lalat juga mempunyai kesadaran sensorik yang sangatlah baik serta kekuatan manuver udara yang cekatan. Inilah penyebab kenapa lalat sangatlah susah dipukul. 

 Mata lalat terbagi dalam sepasang mata besar kompleks. Tiap-tiap mata kompleks itu terbagi dalam 3000 hingga 6000 mata simpel. Lalat tidak bisa memusatkan perhatian pada suatu objek spesifik di lingkungan sekitarnya, namun lalat malah mempunyai pandangan nyaris menuju ke semua arah. 

Diluar itu, lalat juga mempunyai tiga mata penambahan simpel yang dimaksud ocelli. Ocelli ini terdapat di antara dua mata majemuk. Manfaat kerjanya serupa kompas, dengan mata ini lalat bisa tahu arah terbangnya. Ocelli bisa bekerja optimal di daerah yang diterangi cahaya matahari. 

Inilah Argumen yang Menuturkan Kenapa Lalat Takut dengan Kantong Plastik Diisi Air 

Bukan sekedar di Indonesia, trick menggantung kantong diisi air dirumah makan, atau bahkan juga ditempat makan yang lain juga dikerjakan di beragam negara. Diambil dari animals. howstuffworks riset yang menuturkan kenapa lalat takut atau condong hindari kantong diisi air saat ini terjawab sudah 

Saat kantung plastik diisi air digantung, air akan membiaskan sinar. Sinar yang datang akan dibelokkan waktu sinar itu melalui air. Dengan hal tersebut bayangan yang nampak juga akan berubah dari letak objek sesungguhnya. 

Pembiasan ini yang mendasari pemakaian kantong plastik air. Pembiasan berlangsung saat objek yang pasti atau buram, seperti sepotong kaca atau kantong air merubah arah serta kecepatan sinar. Ilusi optik ini yang diinginkan bisa membuat bingung lalat hingga terbang menjauh. 

Mengusir lalat dengan cara ini memanglah cukup efisien lantaran tidak memerlukan banyak cost serta tenaga, juga tidak perlu membunuh lalat. 

Seseorang Profesor asal North Carolina State University, Mike Stringham lakukan riset sepanjang 13 minggu. Stringham menempatkan kantong-kantong plastik diisi air di suatu perternakan ayam petelur. 

Akhirnya yaitu daerah yang ada kantong-kantong plastik diisi air malah memliki kesibukan lalat yang tinggi. Dijelaskan bahwa, riset yang dikerjakannya tidak berhasil karena tempat percobaan, yaitu perternakan yang tidak mempunyai sinar alami atau minim cahaya matahari.

Subscribe to receive free email updates: