MENGEJUTKAN,!! KETAHUILAH INI MANFAAT DAN KHASIAT JUS BUAH MENGKUDU UNTUK KESEHATAN ((( BANTU SHARE YA )))


Mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia serta termasuk juga dalam keluarga Rubiaceae. Nama yang lain yaitu Indian murbei, murbei pantai, buah keju, atau morinda besar. Di banyak daerah di Indonesia buah mengkudu di kenal dengan juga sebutan, pace atau cangkudu. Disamping itu orang barat menyebutkan mengkudu dengan nama Noni. 

Terkecuali juga sebagai sumber karbohidrat serta serat, buah mengkudu juga tinggi akan vitamin A serta C, zat besi, serta niasin. Pulp dari buah ini dipakai untuk mempersiapkan juice mengkudu bebas dari sumber lemak serta protein yang baik.  

Manfaat Juice Mengkudu (Noni) 

Secara umum, saya telah pernah mengulas tentang manfaat mengkudu di artikel waktu lalu. Di bawah ini sebagian manfaat juice buah mengkudu : 

Sistim Kekebalan Badan 

Buah mengkudu mempunyai keseimbangan prima dari vitmain, mineral, asam amino, peptida, serta enzim, yang dikira juga sebagai tonik yang baik untuk tingkatkan system kekebalan badan. 

Antioksidan 

Riset tunjukkan bahwa juice mengkudu bisa menolong dalam membuat perlindungan serta meregenerasi antioksidan alami pada badan seperti vitamin E serta koenzim Q10 yang pada gilirannya menolong menyingkirkan radikal bebas. 

Anti-inflamasi 

Juice buah mengkudu juga tunjukkan tindakan serupa pada peradangan seperti pada non-steroid anti-inflamasi. 

Analgesik 

Buah mengkudu di kenal juga sebagai obat pembasmi rasa sakit serta sakit kepala. Orang dahulu memakai daun mengkudu untuk membungkus sendi yang terserang gout menyakitkan. Noni mempunyai karakter analgesik, karena 75% efisien juga sebagai morfin sulfat dalam kurangi nyeri. 

Melawan kuman 

Senyawa-senyawa dalam buah mengkudu seperti antrakuinon, skopoletin, serta terpena membuatnya efisien melawan kuman karena mempunyai karakter antibakterial, antijamur, serta antiparasit. 

Anti tumor/anti kanker 

Beberapa peneliti yakini bahwa buah mengkudu menolong menghindar efek merusak dari kanker, juga tidak beracun pada sel-sel sehat pada badan. Noni memiliki kandungan antrakuinon yang bisa mendetoksifikasi serta menghilangkan karsinogen saat sebelum mengakibatkan kerusakan pada DNA. 

Menstabilkan desakan darah 

buah Mengkudu efektid dalam menstabilkan tekanan darah untuk pasien hipertensi. 

Langkah Membuat Juice Mengkudu 

Di bawah ini sebagian resep yang memakai buah mengkudu juga sebagai obat. 

Obat Hipertensi 

Langkah penyembuhan : 2 buah mengkudu dibuang bijinya, lantas diparut. Sebauh mentimun diparut serta diperas. Tuang air mentimun ke ramuan mengkudu, beri gula aren serta 2 gelas air panas. Saring. Ramuan ini diminum untuk 3x satu hari. 

Cacing gelang 

Langkah penyembuhan : 2 buah mengkudu masak dicuci, lantas dipartu. Beri sesendok makan garam. Peras dengan kain. Ramuan ini untuk diminum 3x satu hari.  

Memperlancar air seni 

Langkah pengobatan : Sama juga dengan resep untuk cacing gelang. 

Menyembuhkan Batuk 

Langkah penyembuhan : dua buah mengkudu masak dicuci, diparut, lantas diperas. Beri gula batu seperlunya serta sedikit air diperas jeruk nipis. Minum ramuan ini 3x satu hari. 

Menyembuhkan Diabetes 

Langkah penyembuhan : Sebagian helai daun mengkudu dicuci, lalu di rebus hingga masak. Daun ini dikonsumsi juga sebagai lalap. 

Radang usus 

Langkah penyembuhan : dua buah mengkudu masak dicuci, lantas dilumatkan. Peras, beri madu seperlunya. diMinum ramuan ini 2x satu hari. 

Diare pada anak 

Langkah penyembuhan : 2 helai daun mengkudu dicuci, lalu diolesi minyak goreng, serta garang diatas api hingga layu. Tempelkan sehelai di perut, sehelai di punggung. Bebat dengan gurita. 

Kulit bersisik 

Langkah penyembuhan : 1 buah mengkudu masak diremas-remas, lalu digosok-gosokkan pada kulit yang bersisik. Diamkan sepanjang 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. 

Hepatitis 

Langkah penyembuhan : 2 buah mengkudu masak diparut, selanjutnya diperas. Campur dengan gula batu seperlunya. Minum ramuan ini 2x satu hari. 

Eksem 

Langkah penyembuhan : Bersihkan 1 buah mengkudu, sedikit kulit pohon mengkudu, akar mengkudu, selanjutnya rebus berbarengan. Sesudah dingin, pakai untuk membersihkan eksem. 

Ketombe 

Langkah penyembuhan : 2 atau 3 buah mengkudu masak dilumatkan serta di beri sedikit air. Peras. Airnya digunakan untuk keramas. Biarlah sepanjang kurang lebih 5 menit. Basuh dengan air bersih. Bisa menggunakan shampo untuk menyingkirkan baunya. 

Obat Encok, pegal linu 

Bersihkan 5 helai daun mengkudu yang agak besar, selanjutnya oleskan dengan minyak kelapa. Garang diatas api hingga layu. Panas-panas tempelkan ke sisi yang sakit. 

Masuk angin 

Rebus 1 buah mengkudu, sepotong rimpang lengkuas dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Ramuan ini untuk diminum 2x satu hari. 

Radang tenggorokan serta amandel 

Sebagian helai daun dicuci, lalu di rebus hingga masak. Daun ini dikonsumsi juga sebagai lalap. Tetapi, tiap-tiap 1/2 jam sekali berkumurlah dengan air rebusan itu. 

Catatan Utama! 
Tidak sama dengan sari buah lain, sari buah mengkudu diminum cukup dua sendok makan. Waktunya yang pas adalah saat sebelum makan pagi serta saat sebelum makan malam. Jadi, perut masih tetap kosong. Juice mesti diminum sesegar mungkin saja, tanpa ada sistem pemanasan atau perebusan, supaya enzim alami di dalamnya tak rusak. Sepanjang berobat dengan juice buah mengkudu, kita mesti hindari minuman beralk*oh*ol serta kopi. 

Sesaat, penggunaan juice ini dilarang untuk beberapa pasien kelainan manfaat jantung, karena efek sampingannya adalah denyut jantung yang bertambah.

Subscribe to receive free email updates: